Pages

Ads 468x60px

Minggu, 05 Agustus 2012

Tata Bahasa Dalam JAVA

Progaram Java adalah kumpulan spasi, komentar, kata kunci, identifier, literal, operator, dan pemisah.

Spasi
            Java adalah bahasa bebas bentuk. Tidak perlu mengatur tata letaknya agar dapat bekerja. Asalkan ada sekurang-kurangnya satu spasi, tab, atau baris baru diantara setiap token sebelum disisipi operator atau pemisah lain.

Komentar
          Ada beberapa bentuk      :
1.      Komentar baris tunggal
Diawali dengan tanda  //  dan diletakkan diakhir baris yang diberi komentar.
2.     Komentar baris banyak
Diawali dengan tanda  /*  dan ditutup dengan  */ semua diantara kedua tanda tersebut dianggap komentar dan akan diabaikan oleh compiler.
contoh penulisan        :
                                          /*
*          komentar…….
*          komentar……
*/
3.     Komentar terdokumentasi
Menggunakan piranti Javadoc, yang mennggunakan komponen compiler Java untuk secara otomatis menghasilkan dokumentasi antarmuka public suatu class. Aturan pembuatan komentar yang dapat diolah oleh Javadoc adalah : sebelum deklarasi class, method, dan variabel public harus digunakan komentar bertanda /** untuk menyatakan komentar dokumentasi, diakhiri dengan tanda */. Javadoc akan mengenali sejumlah variabel khusus yang didahului dengan tanda  @  didalam bagian komentar.
contoh penulisan        :
                                          /**
*          komentar….
*          komentar…..
*/




Kata Kunci Simpanan (Keywords)
            Kata kunci simpanan adalah identifier khusus yang disimpan oleh bahasa Java untuk mengendalikan bagaimana program didefinisikan. Kata kunci ini digunakan untuk mengenali tipe-tipe, pengubah, dan mekanisme pengaturan aliran program. Kata kunci ini hanya dapat digunakan untuk fungsi tertentu dan tidak dapat digunakan sebagai identifier nama suatu variabel, class dan method. Sampai denga Versi 1.0 terdapat 59 kata kunci seperti terlihat dalam tabel   :

abstract
boolean
break
byte
byvalue
case
cast
catch
char
class
const
continue
default
do
double
else
extends
false
final
finally
float
for
future
generic
goto
if
implements
import
inner
instanceof
int
interface
long
native
new
null
operator
outer
package
private
protected
public
rest
return
short
static
super
switch
synchronized
this
throw
throws
transient
true
try
var
void
volatile
while


Identifier
            Bdigunakan untuk nama class, method, dan variabel. Suatu variabel dapat berupa urutan tertentu huruf (besar atau kecil), angka, garis bawah, dan tanda dolar. Tidak boleh diawali oleh angka dan bersifat case sensitive.
            Kelompok Java mengikuti aturan penamaan identifier untuk semua method public dan variabel instans dengan huruf awal kecil dan menandai bagian kata selanjutnya dengan huruf besar, misalnya nextItem, currentValue, getTimeOfDay.
            Untuk variabel provate dan lokal identifier akan berupa huruf kecil semua dikombinasikan dengan garis bawah, misalnya next_val, temp_val. Untuk variabel final yang mewakili suatu konstanta, digunakan huruf besar semua, misalnya TOK_BRACE, DAY_FRIDAY.

Literal
            Besaran konstanta pada Java dihasilkan dengan menggunakan literal yang mewakilinya. Setiap literal merepresentasikan nilai suatu tipe, dimana tipe itu sendiri menjelaskan bagaimana sifat nilai tersebut dan bagaimana penyimpanannya.


Separator (Pemisah)

Simbol
Nama
Fungsi
()
Kurung
Digunakan untuk menghimpun parameter dalam definisi dan pemanggilan method, juga digunakan untuk menyatakan tingkatan pernyataan, menghimpun pernyataan untuk pengaturan alur program dan menyatakan tipe cast.
{}
kurung kurawal
Digunakan untuk menghimpun nilai yang otomatis dimasukkan kedalam array, juga digunakan untuk mendefinisikan blok program, untuk cakupan class, method, dan lokal.
[]
kurung siku
Digunakan untuk menyatakan tipe array, juga digunakan untuk membedakan nilai array.
;
titik-koma
pemisah pernyataan.
,
koma
Pemisah urutan identifier dalam deklarasi variabel, juga digunakan untuk mengaitkan pernyataan didalam pernyataan for.
.
titik
Dugunakan untuk memisahkan nama paket dari sub-paket dan class, juga digunakan untuk memisahkan variabel atau method dari variabel referensi.

Variabel
            variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Suatu variabel didefinisikan dengan kombinasi identifier, tipe, dan cakupan. Bergantung pada tempat kita mendeklarasikannya, variabel dapat bersifat lokal atau sementara, misalnya didalam perulangan for, atau dapat juga berupa variabel instans yang dapat diakses oleh semua method dalam class. Cakupan lokal dinyatakan dalam kurung kurawal.

0 komentar:

Posting Komentar